+62(21) 54334461- 54332431 | sales@citrabaruperkasa.co.id

Solve Your (1)

Lem Kampas Rem

Kampas rem adalah permukaan yang dapat dikonsumsi dalam sistem rem, seperti rem tromol dan rem cakram yang digunakan pada kendaraan sepeda motor, mobil, kereta api dan kendaraan lainnya. Oleh Karena itu terdiri dari bahan yang relatif lembut namun kuat dan tahan panas dengan koefisien gesekan dinamis yang tinggi (dan idealnya koefisien gesekan statis yang identik) biasanya dipasang pada lapisan logam padat menggunakan SUBA 3000 dan sejenisnya.

PT Citra Baru Perkasa sebagai pemasok rem kampas rem terbaik yang merupakan Produk unggulan kami dalam proses pembuatannya. Lem Kanmpas Rem Suba 3000 dan Suba 3060 sudah banyak digunakan para produsen industri sepeda motor dan automotive. Pada saat pemilihan perekat kampas rem, penting untuk mempertimbangkan jenis kampas rem yang Anda gunakan, serta suhu kerja sistem pengereman kendaraan Anda. Jika Anda tidak yakin jenis perekat yang tepat untuk digunakan, sebaiknya berkonsultasi dengan kami PT. Citra Baru Perkasa.

Berikut adalah beberapa tips untuk memproduksi kampas rem:

  • Pastikan permukaan yang akan direkatkan bersih dan bebas dari kotoran, minyak, atau debu.
  • Ikuti instruksi yang tertera pada Technical Data Sheet.
  • Oleskan, extrusi atau di semprotkan perekat secara merata ke permukaan lining yang akan direkatkan.

Lem kampas rem, atau disebut juga dengan perekat kampas rem, adalah bahan yang digunakan untuk menyatukan atau merekatkan kampas rem dengan backing plate pada sistem rem kendaraan.

Berikut beberapa poin penting terkait lem kampas rem:

  1. Fungsi Utama:

    • Lem kampas rem bertugas menyatukan kampas rem (material gesek pada rem) dengan backing plate atau piringan rem pada sistem pengereman kendaraan.
    • Memastikan kampas rem tetap terpasang dengan aman pada backing plate untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem pengereman.
  2. Komposisi dan Sifat:

    • Lem kampas rem umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap panas dan tekanan tinggi, karena kampas rem sering kali mengalami kondisi operasional yang ekstrem.
    • Sifat tahan panas dan daya rekat yang tinggi sangat penting untuk mencegah pemisahan antara kampas rem dan backing plate selama operasi pengereman.
  3. Penerapan:

    • Lem kampas rem digunakan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil, sepeda motor, truk, dan kendaraan lainnya yang menggunakan sistem pengereman cakram atau tromol.
    • Proses aplikasi lem kampas rem melibatkan penerapan lapisan tipis pada permukaan backing plate atau kampas rem sebelum keduanya dipasang bersama.
  4. Penting untuk Performa Rem:

    • Kinerja lem kampas rem memainkan peran krusial dalam keandalan sistem pengereman. Kelebihan atau kekurangan perekatan dapat mempengaruhi efisiensi pengereman dan umur pakai kampas rem.
  5. Pemilihan yang Tepat:

    • Pemilihan jenis lem kampas rem harus sesuai dengan spesifikasi produsen kendaraan dan komponen pengereman.
    • Penting untuk menggunakan lem yang direkomendasikan untuk menghindari masalah performa dan keamanan.
  6. Proses Pemasangan:

    • Pada umumnya, proses pemasangan lem kampas rem melibatkan pembersihan permukaan backing plate dan kampas rem sebelum aplikasi lem.
    • Pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati agar lem merata dan tidak ada bagian yang terlewat.

Sebagai ilustrasi, mari kita perhatikan contoh berikut sebagai kampas rem memegang peranan penting dalam menjaga keamanan dan kinerja sistem pengereman kendaraan. Memilih dan menerapkan lem dengan benar merupakan faktor kunci dalam memastikan sistem pengereman beroperasi dengan efektif dan aman.

Lem Kampas Rem SUBA 3000

SUBA 3000 dan SUBA 3060 mengandung resin sintetis yang mengeras secara ireversibel pada pemanasan dan sangat sesuai sebagai perekat lapisan kanvas rem.

SUBA 3000 mengandung resin sintetis yang mengeras secara permanen jika dipanaskan dan bertahan dengan sangat baik cocok sebagai perekat lapisan gesekan. SUBA 3000 menunjukkan ketahanan panas yang baik dan mudah diproses karena rendahnya viskositas.

Technical data 

Viscosity at 25 °C            : 1500 – 3000 mPa.s
Solid content at 100 °C : 39 – 45 %
Appearance                     : brown liquid
Shelf life in closed containers at 15 – 20 °C : 12 months

Penerapan perekat
SUBA 3000 diaplikasikan dalam lapisan tipis pada kedua bagian untuk direkatkan dengan cara disikat atau dilapisi mesin.

Harap aduk rata sebelum menggunakan perekat

Teknik pengikatan
Sebelum akhirnya direkatkan, bagian yang dilapisi harus dikeringkan minimal 60 menit pada suhu kamar sekitar 20 °C. Periode pengeringan yang lebih lama disarankan untuk memungkinkan sisa pelarut dalam perekat menguap.

Lem Kampas Rem SUBA 3060

Perekat cair SUBA 3060 mengandung resin sintetis, mengeras secara permanen jika dipanaskan dan sangat cocok sebagai pengikat kampas rem dan kopling.
Perekat ini menunjukkan ketahanan panas yang baik dan mudah diproses karena viskositasnya sesuai.

Technical data :

Viscosity at 20 deg. C 1000 – 1400 mPa s

Solid content at 100 deg. C 43 – 48 %

Storage life in closed containers

at 5-20 deg. C 9 months

Persiapan permukaan pengikat

Permukaan yang akan direkatkan harus dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan semua partikel kotoran, karat, lemak dan minyak. Selain itu, disarankan agar sepatu rem dibuat sedikit kasar dengan cara peledakan pasir untuk menjamin ikatan yang baik.

Penerapan perekat
Perekat dioleskan tipis-tipis pada kedua bagian untuk direkatkan dengan menggunakan kuas atau mesin pelapis. Sebelum digunakan perekat harus berada pada suhu ruangan.

 

Temukan keamanan pengereman maksimal dengan Lem Kampas Rem Suba 3000. Perekat khusus ini menawarkan daya rekat tinggi, tahan panas ekstrem, dan kestabilan dimensi. Ideal untuk pemasangan kampas rem cakram atau tromol, Suba 3000 memberikan performa pengereman optimal dan umur pakai yang panjang. Dapatkan keandalan tanpa kompromi dengan perekat lem kampas rem Suba 3000 untuk kendaraan Anda. Pesan sekarang untuk pengalaman pengereman yang aman dan efisien